Lini Masa Perkenalan Prosesor Exynos Pada Ponsel Samsung Galaxy

Perangkat ponsel mempunyai beberapa bagian yang di mana mempunyai fungsi masing-masing dan spesifikasi berbeda pada setiap model perangkat ponsel. Beberapa komponen pada ponsel mempunyai berbagai merek pabrikan berbeda-beda tidak selalu dari ponsel yang dikeluarkan itulah sebabnya itu berbagai komponen ponsel bisa berbeda merek, spesifikasi, harga serta kemampuannya.

Prosesor pada ponsel merupakan sebuah komponen yang penting untuk mengelola berbagai aktifitas perintah yang ada semua komponen ponsel. Prosesor yang paling terkenal pada masa ini di keluarkan dengan berbagai nama seperti Qualcomm dan MediaTek ini merajai untuk ponsel android.

Asal Mu Asal Samsung Mengeluarkan Prosesor Sendiri

Dengan kebutuhan prosesor saat ini banyak permintaan pada produsen ponsel maka itulah dapat menyebabkan komponen prosesor menjadi berkurang. Maka itulah Samsung Mobile ber inisiatif mengeluarkan prosesor buatan sendiri yang bernama ExyNos dengan basis ARM. Ada beberapa faktor yang mendorong Samsung untuk memproduksi prosesor buatan sendiri, yaitu:

  • Ketergantungan pada pihak ketiga

Samsung sebelumnya menggunakan prosesor dari Qualcomm dan MediaTek untuk ponsel mereka. Hal ini membuat Samsung bergantung pada pihak ketiga untuk pasokan prosesor. Ketergantungan ini dapat menjadi masalah jika terjadi gangguan pasokan atau masalah kualitas dari pihak ketiga.

  • Diferensiasi produk

Dengan memproduksi prosesor sendiri, Samsung dapat membedakan produk mereka dari pesaing. Prosesor buatan sendiri dapat memberikan kinerja, fitur, dan daya tahan yang lebih baik.

  • Keuntungan kompetitif

Prosesor buatan sendiri dapat memberikan Samsung keuntungan kompetitif. Dengan mengendalikan desain dan produksi prosesor, Samsung dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh Samsung dari memproduksi prosesor buatan sendiri:

  • Kontrol yang lebih baik atas desain dan produksi

Dengan memproduksi prosesor sendiri, Samsung memiliki kontrol yang lebih baik atas desain dan produksi prosesor. Hal ini dapat membantu Samsung untuk meningkatkan kinerja, fitur, dan daya tahan prosesor mereka.

  • Keuntungan biaya

Prosesor buatan sendiri dapat memberikan Samsung keuntungan biaya. Dengan mengendalikan desain dan produksi prosesor, Samsung dapat mengurangi biaya manufaktur.

  • Keunggulan kompetitif

Prosesor buatan sendiri dapat memberikan Samsung keunggulan kompetitif. Dengan menawarkan prosesor yang lebih baik dan lebih efisien, Samsung dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Samsung telah terus berinvestasi dalam pengembangan prosesor Exynos. Perusahaan ini telah mengumumkan bahwa mereka akan terus mengembangkan prosesor Exynos untuk digunakan di ponsel mereka.

Prosesor Exynos Yang di Terapkan Pada Ponsel Samsung

Inovasi Samsung yang membuat prosesor buatan sendiri tidak hanya obrolan semata namun telah di terapkan berbagai model ponsel nya yang beberapa daftar ini terapkan pada ponsel Samsung telah merilis beberapa seri ponsel dengan prosesor buatan sendiri, yaitu:

  • Seri Galaxy S
    • Galaxy S20 FE (Exynos 990) – 5 Februari 2021
    • Galaxy S21 FE (Exynos 2100) – 4 Januari 2022
    • Galaxy S22 FE (Exynos 2200) – 8 Februari 2023
  • Seri Galaxy A
    • Galaxy A72 (Exynos 980) – 17 Maret 2021
    • Galaxy A53 (Exynos 1280) – 17 Maret 2022
    • Galaxy A34 (Exynos 1380) – 20 Juli 2023
  • Seri Galaxy M
    • Galaxy M53 (Exynos 1280) – 22 Maret 2022
    • Galaxy M34 (Exynos 1380) – 20 Juli 2023

Prosesor Exynos

Prosesor Exynos adalah prosesor yang dirancang dan dibuat oleh Samsung. Prosesor ini digunakan untuk berbagai produk Samsung, termasuk ponsel, tablet, dan smartwatch. Prosesor Exynos tersedia dalam berbagai varian, termasuk varian untuk ponsel kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah.

Prosesor Exynos 990

Prosesor Exynos 990 adalah prosesor yang digunakan untuk Galaxy S20 FE. Prosesor ini menggunakan arsitektur ARMv8-A dan dibuat dengan proses fabrikasi 7nm. Prosesor ini memiliki dua inti utama Cortex-A76 dengan kecepatan clock 2,73 GHz, dua inti besar Cortex-A76 dengan kecepatan clock 2,31 GHz, dan empat inti kecil Cortex-A55 dengan kecepatan clock 1,95 GHz.

Prosesor Exynos 2100

Prosesor Exynos 2100 adalah prosesor yang digunakan untuk Galaxy S21 FE. Prosesor ini menggunakan arsitektur ARMv9-A dan dibuat dengan proses fabrikasi 5nm. Prosesor ini memiliki dua inti utama Cortex-X1 dengan kecepatan clock 2,9 GHz, tiga inti besar Cortex-A78 dengan kecepatan clock 2,8 GHz, dan empat inti kecil Cortex-A55 dengan kecepatan clock 2,2 GHz.

Prosesor Exynos 2200

Prosesor Exynos 2200 adalah prosesor yang digunakan untuk Galaxy S22 FE. Prosesor ini menggunakan arsitektur ARMv9-A dan dibuat dengan proses fabrikasi 4nm. Prosesor ini memiliki tiga inti utama Cortex-X2 dengan kecepatan clock 3,2 GHz, tiga inti besar Cortex-A78 dengan kecepatan clock 2,8 GHz, dan empat inti kecil Cortex-A55 dengan kecepatan clock 2,0 GHz.

Prosesor Exynos 1280

Prosesor Exynos 1280 adalah prosesor yang digunakan untuk Galaxy A53 dan Galaxy M53. Prosesor ini menggunakan arsitektur ARMv9-A dan dibuat dengan proses fabrikasi 5nm. Prosesor ini memiliki dua inti utama Cortex-A78 dengan kecepatan clock 2,4 GHz, enam inti besar Cortex-A55 dengan kecepatan clock 2,0 GHz.

Prosesor Exynos 1380

Prosesor Exynos 1380 adalah prosesor yang digunakan untuk Galaxy A34 dan Galaxy M34. Prosesor ini menggunakan arsitektur ARMv9-A dan dibuat dengan proses fabrikasi 5nm. Prosesor ini memiliki dua inti utama Cortex-A78 dengan kecepatan clock 2,5 GHz, enam inti besar Cortex-A55 dengan kecepatan clock 2,0 GHz.

Kesimpulan

Samsung telah mengumumkan bahwa mereka akan terus mengembangkan prosesor Exynos untuk digunakan di ponsel mereka. Keuntungannya sendiri membuat prosesor sendiri seperti dapat mengelola stok prosesor yang akan terapkan pada ponselnya, menguragi biaya jika mereka membeli prosesor merek lain, lebih bebeas eksperiment untuk meracik prosesor yang cocok pada setiap model ponselnya, proses kerja sama dengan pembuat aplikasi atau gim tidak melibatkan merek prosesor tidak dalam satu perusahaan samsung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *