Harga Samsung Galaxy A3 2015 Terbaru November 2017

Harga Samsung Galaxy A3 2015 – Galaxy A3 2015 menjadi seri paling bawah dari lini smartphone berselubung logam keluaran Samsung di samping Galaxy A5 (2015) dan Galaxy A7 (2015). Kecuali selubung full metal, ketiganya pun mengandalkan bodinya yang langsing tebal cuma 6,9mm. Desain yang dibawa terlihat solid serta nyaman di genggaman, tidak kebesaran namun juga tidak kelewat mungil.

Bodi yang tipis ini berkat penerapan rancangan unibody dengan panel kontrol dan port koneksi berada di samping. Tempat kartu SIM mengadopsi sistem tray dimana harus menggunakan injector saat ingin mengeluarkannya. Dua tray kartu SIM pun ukurannya Nano-SIM dimana tempat untuk SIM 2 bisa bergantian dengan kartu microSD. Kemudian untuk layar, telepon pintar ini support resolusi qHD atau setara dengan 960×540 pixels sehingga visual yang dihasilkan nampak tak begitu solid bila dibanding resolusi HD apalagi Full HD.

Akan tetapi adopsi panel Super AMOLED agak memperbaiki visual yang dihasilkan oleh layar. Layar Super Amoled sangat handal dalam menghadirkan visual dengan warna-warna alami. Selain itu layar jenis ini pun lebih irit dalam penggunaan daya baterai serta angle view yang lebar. Namun absennya pelapis anti gores Corning Gorilla Glass menjadi kekurangan layar A3 2015 ini. Sementara untuk respon sentuhan, layarnya bisa mengenali 5 titik sentuhan jari sekaligus.

Harga Samsung Galaxy A3 2015 (SM-A300H)

Harga Samsung Galaxy A3 2015

  • Harga baru: Rp. 2.199.000
  • Harga bekas/second: Rp. 1.500.000
  • Layar 4,5 inci Super AMOLED capacitive touchscreen
  • Kamera belakang 8 MP Auto Focus + Led Flash
  • Kamera depan 5 MP
  • Prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • Android OS, v4.4.4 (KitKat)
  • Memori internal 1GB RAM dan 16GB ROM
  • Memori eksternal support slot microSD up to 64GB
  • Dual SIM
  • Kapasitas baterai 1900 mAh

Spesifikasi Galaxy A3 secara jeroan termasuk standar ponsel mid-range. Kapabilitas saat menjalankan aplikasi, game ataupun video HD dapat dilakukan secara lancar bebas hambatan. Begitupun saat dicoba untuk multitasking beberapa aplikasi sekaligus. Galaxy A3 menyediakan space memori onboard hingga 16 GB namun hanya tersisa 12 GB setelah dikurangi untuk penggunaan sistem Android, cache dan lainnya. Dan memang sebaiknya pengguna tetap memanfaatkan slot memori eksternal dari jenis microSD yang maksimal bisa diisi hingga 64GB.

Sayang Samsung cuma membekali ponsel ini dengan sumber daya dengan kapasitas 1900 mAh yang terasa kurang memadai untuk mendukung aktifitas penggunanya yang intens saat browsing di internet, memainkan game serta menjalankan fitur multimedia. Masih mending pihak vendor sudah menambahkan fitur “Ultra power saving mode” yang bila diaktifkan akan membuat ponsel ini bisa bertahan standby hingga 10 hari. Namun akibatnya, antarmuka yang ditampilkan sangatlah minimalis dengan tema yang hitam putih dan fungsi perangkat ini hanya bisa untuk phone, SMS dan menjalankan beberapa fitur standar. Pengguna tetap dapat surfing di internet, akan tetapi tampilannya ya itu tadi hanya hitam putih.

Layar Samsung A3 2015 Super AMOLED

Layar Samsung A3 2015 Super AMOLED

Kendati menyertakan versi Android dan TouchWiz UI yang persis Galaxy Alpha akan tetapi tampilan antar muka A3 nampak ringkas. Bar notifikasi juga cukup standar dan tak ada menu untuk mengkustomnya. Galaxy A3 pun membenamkan opsi ‘Easy Mode’ yang mempunyai layout minimalis ditambah tampilan ikon yang besar. Sayang fitur Multi Window yang biasanya ada ditanamkan ke smartphone dengan layar besar ditiadakan di ponsel ini.

Spek Samsung A3 (2015) juga ditopang adanya sepasang kamera. Untuk resolusinya yaitu 8 MP dan 5 MP yang selain untuk memotret juga memiliki fungsi merekam video full HD 1080p. Beberapa menu pendukung ikut menyertai kemampuan kamera ini, seperti ketika hendak memotret, pengguna tidak usah menyentuh ikon shutter namun cukup gunakan perintah suara atau melambaikan tangan saja. Perangkat ini kelihatannya sesuai jika dimiliki para penggila selfie sebab adanya dukungan berbagai fitur menarik di dalamnya. Misalnya fitur di kamera utama terdapat mode ‘Rear-cam selfie’ dimana dengan otomatis mampu mengenali lalu fokus ke area wajah.

Sedangkan di kamera depan terdapat fitur ‘Wide selfie’ dimana pengguna bisa membuat foto selfie dengan angle sampai 120 derajat untuk menampung banyak orang dalam sekali jepret. Pengguna pun mudah berfoto selfie lebih seru lewat fitur Animated GIF untuk menggabungkan sampai 20 frame foto untuk membuat sharable GIF yang seru. Bila foto tak begitu memuaskan pengguna bisa mengaplikasikan aplikasi Photo Editor yang banyak tersedia di Samsung Galaxy Apps.

Fitur wide selfie kamera Samsung A3 2015

Fitur wide selfie kamera Samsung A3 2015

Sebagai pendukung hiburan penggunanya, kecuali ditopang fitur bawaan Android, ponsel ini pun membenamkan sejumlah aplikasi pelengkap antara lain video player, radio FM dan Play Music. Sementara untuk dukungan konektifitas, Galaxy A3 (2015) boleh dikatakan lengkap meski belum memiliki fitur akses ke jaringan 4G. Koneksi internet masih mengandalkan jaringan HSPA+ yang maksimal kecepatannya hingga 42.2 Mbps untuk unduhan dan 5.76 Mbps untuk unggahan. Sepasang slot kartu SIM yang ada pun telah support jaringan 3G/HSDPA meski untuk penggunaannya cuma bisa salah satu slot saja. Sepasang slot SIM tadi pun memiliki fitur ‘always on’ sehingga pengguna dapat menerima panggilan masuk di kedua SIM kendati tengah menelepon menggunakan salah satu SIM.

Untuk konektifitas ini kekurangan Galaxy A3 yaitu minus fitur USB OTG yang berfungsi membuka file dalam flashdisk. Ponsel ini pun tanpa fituri NFC dan port MHL. Sebagaimana ponsel flagship, Galaxy A3 pun datang dengan fungsi pengamanan data yang dapat dikendalikan dari jarak jauh yaitu fitur Find My Mobile. Fungsi yang terhubung ke situs findmymobile.samsung.com tersebut mampu menemukan ponsel Samsung yang hilang atau lupa menaruhnya lalu juga melindungi file serta mengambil data-data sensitif yang tersimpan dalam ponsel tersebut. Khusus untuk pengguna di Indonesia, pengguna Galaxy A3 pun terpasang aplikasi Galaxy Gift. Fitur tersebut menyajikan berbagai info terbaru berkenaan dengan promo, diskon ataupun konten gratis.

Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A3 2015 :

Kelebihan :

– Layar Super Amoled
– Bingkai dari logam
– Tampilan slim
– Menggunakan processor Quadcore
– Support dua kartu SIM
– Dual kamera 8 MP + 5 MP

Kekurangan :

– Baterai berdaya kecil dengan tipe non removable
– Tanpa fitur NFC
– Tak ada dukungan jaringan 4G LTE (untuk yang beredar di Indonesia)
– Slot SIM 2 harus berbagi pakai dengan kartu MicroSD

Sekarang ini di bulan November 2017 harga Samsung Galaxy A3 2015 cuma dipatok sebesar Rp.2.199.000. Beberapa opsi warna yang tersedia untuk ponsel ini yaitu : Midnight Black, Pearl White, Platinum Silver, Soft Pink, Champagne Gold dan Light Blue. Sedangkan untuk harga bekas atau secondnya sekitar Rp. 1.500.000

Spesifikasi Samsung Galaxy A3 2015 secara lengkap :

– Versi : A300F with 1 GB RAM; A300FU 1.5 GB RAM
– Jaringan : GSM / HSPA / LTE
– Diluncurkan pertama kali : Desember 2014
– Dimensi fisik : 130.1 x 65.5 x 6.9 mm
– Berat : 110.3 gram
– Jenis kartu SIM : Nano-SIM
– Display : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors diagonal 4.5 inch resolusi 540 x 960 piksel 245 ppi Multitouch
– Proteksi layar : Corning Gorilla Glass 4
– Platform : Android v4.4.4 (KitKat) tersedia upgrade ke v6.0.1 (Marshmallow)
– Chipset : Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
– Prosesor : Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
– Chip Grafis : Adreno 306
– Memori internal : 16 GB
– RAM : 1 GB
– Memori eksternal : slot kartu microSD up to 64 GB (dedicated slot)
– Kamera Primer : 8 MP, f/2.4, 31mm, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, Video 1080p@30fps
– Kamera Sekunder : 5 MP, f/2.2, 23mm
– Konektifitas : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot ; Bluetooth v4.0, A2DP, EDR, LE ; GPS (A-GPS, GLONASS, BDS) ; NFC (untuk versi LTE); microUSB v2.0
– Radio : FM radio
– Sensors : Accelerometer, proximity, compass
– Baterai : Non-removable Li-Ion 1900 mAh dengan waktu talk time hingga 12 jam (3G) atau memainkan lagu hingga 60 jam
– Opsi warna : Pearl White, Midnight Black, Platinum Silver, Soft Pink, Light Blue, Champagne Gold