Samsung Galaxy Tab S2 8 inci Harga – Galaxy Tab S2 8 inci Spesifikasi

Samsung Galaxy Tab S2 8 inci Harga – Kali pertama diluncurkan Juli 2015 silam, Samsung Galaxy Tab S2 8 inci menjadi salah satu tablet premium yang dijual di pasar Indonesia. Samsung Galaxy Tab S2 sendiri tersedia dengan 2 pilihan besar layar yaitu Tab S2 8.0 dengan kode T715 dan Tab S2 9.7 dengan kode T815. Duo Galaxy Tab S2 tersebut mendukung jaringan 3G dan juga 4G. Berikut review spesifikasi Samsung Galaxy Tab S2 8 inci.

Galaxy Tab S2 8 inci memiliki tampilan sangat tipis (tebal 5,6mm), ringan (hanya 272 gram untuk varian LTE), kuat, memiliki layar yang besar, dan bertabur fitur menarik seperti sensor sidik jari, baterai yang baik, kamera menghadap ke belakang yang layak dan aplikasi yang canggih. Sayangnya perangkat ini miskin tombol dan penempatan speaker yang tak tepat terutama saat menggunakan tablet di mode lanskap. Menjadi kekurangan yang lain adalah harga Samsung Galaxy Tab S2 8 inci yang terbilang mahal untuk sebuah tablet ukuran tersebut.

Sama seperti iterasi sebelumnya, Samsung berfokus pada beberapa poin penting yang benar-benar menjual yaitu sebuah perangkat portable yang ringan, layar besar dan kinerja yang solid untuk game ataupun menikmati media. Samsung mengincar basis pelanggan dari mereka yang memang sudah akrab dengan kustomisasi antarmuka TouchWiz sehingga tidak membutuhkan lagi untuk belajar bagaimana mengoperasikannya. Desain Galaxy Tab S2 8 memiliki kemiripan dengan Galaxy Note 4 dan Galaxy Alpha. Sama seperti perangkat tersebut, terlihat bingkai logam mengintari tepian dengan coating berwarna mengkilap sementara panel penutup bodi berwarna matte.

Samsung Galaxy Tab S2 8 inci Harga – Galaxy Tab S2 8 inci Spesifikasi

Samsung Galaxy Tab S2 8 inci Harga - Galaxy Tab S2 8 inci Spesifikasi

  • Harga Baru: Rp. 5.900.000
  • Layar 8 inci Super AMOLED
  • Resolusi layar 2048 x 1536 (QXGA)
  • Prosesor Octa-Core 1.9GHz, 1.3GHz
  • Memori internal RAM 3GB / ROM 32GB
  • Memori eksternal support slot microSD up to 25GB
  • Kamera belakang 8 MP + Autofocus + No Flash
  • Kamera depan 2.1 MP
  • Single SIM
  • Support jaringan 4G Lte
  • Kapasitas baterai 4000 mAh

Desainnya terlihat sederhana dengan penutup bodi dari bahan plastik dimana untuk bagian belakang terasa sedikit lembut namun kesat sehingga cukup bisa menempel di telapak tangan saat digenggam. Ada dua lubang pegas kecil yang digunakan untuk melekatkan aksesori dan keyboard dan bukan menggunakan magnet. Keempat sudutnya sedikit membulat dan flat di bagian belakang serta membawa bobot hanya 265 g sehingga nyaman untuk dipegang bahkan hanya dengan satu tangan. Tampilan bezel memang tidak setipis sebagaimana bezel pada produk smartphone Samsung.

Di bawah layar terdapat tombol Home fisik dan dua tombol kapasitif sehingga akan sedikit sulit untuk memegang tablet dalam posisi lanskap tanpa menyentuhnya. Untuk tombol Home pun bisa berfungsi juga sebagai pemindai sidik jari (fingerprint). Penempatan tombol-tombol dan juga logo Samsung di Galaxy Tab S2 jelas menunjukkan bahwa perangkat ini memang menitikberatkan posisi potrait meski sebenarnya pengguna akan lebih sering menggunakan dalam posisi lanskap. Karena itu perangkat ini pun dilengkapi dengan tombol navigasi yang muncul di layar.

Samsung benar-benar mengistimewakan bagian display dengan adopsi panel Super AMOLED 2048×1536 piksel yang begitu apik. Visual terlihat sangat cemerlang sehingga sangat nyaman untuk fungsi utama sebuah tablet yaitu untuk membaca. Akurasi warna yang diberikan pun sangat tinggi kendati layar disetel dalam mode redup. Tab S2 8 inci mengadopsi aspek rasio layar 4: 3 sehingga lebih dekat ke bentuk persegi dan berbeda dengan kebanyakan tablet lain yang membawa aspek rasio 16:10 atau 16: 9. Aspek rasio 4 : 3 memang lebih baik saat digunakan untuk membaca, browsing, memainkan game ataupun navigasi menu-menu.

Tapi aspek rasio tersebut juga akan memberikan tampilan bar hitam di atas dan di bawah saat digunakan memutar konten multimedia dalam mode widescreen. Menonton film atau acara TV dengan bar hitam di bagian atas dan bawah gambar memang agak mengganggu, tapi kekurangan tersebut tertutupi oleh saturasi warna hitam yang sangat solid yang mampu dihasilkan oleh layar Super AMOLED. Aspek rasio 4: 3 juga tak akan memunculkan perasaan terlalu tinggi saat dipegang dalam mode potrait.

Jika pengguna memang sebelumnya telah menggunakan smartphone Samsung maka tak akan ada bedanya saat mengoperasikan tablet ini. Tab S2 8 inci ini berjalan di Android 5.1.1 Lollipop yang dikustomisasi dengan TouchWiz yang tidak banyak berubah dari versi sebelumnya. Tampilan Homescreen dan App Drawer pun tak berubah Untuk App Drawer memiliki konfigurasi 6×5 untuk menempatkan aplikasi dan widget. Selain aplikasi bawaan Samsung, Galaxy tab S2 8 inci ini pun sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi buatan Microsoft seperti : Word, PowerPoint, OneNote dan Onedrive.

Samsung Galaxy Tab S2 8 inci Harga - Galaxy Tab S2 8 inci Spesifikasi

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S2 8 inci untuk bagian dapur pacu cukup bisa memberikan performa yang sangat cepat. Hampir setara dengan kemampuan Samsung Galaxy Note 5 meski spek sedikit lebih rendah. Tab S2 8 inci membawa chipset Exynos 5430 sementara Galaxy Note 5 mengusung chipset Exynos 7420. Prosesornya adalah kelas Octacore yang gegas serta didukung oleh 3GB RAM. Kombinasi tersebut berarti pengguna tidak akan memiliki masalah dengan tugas-tugas dasar maupun komputasi kompleks. Meski kebanyakan pengguna tidak benar-benar memfungsikan tablet terutama yang berukuran kecil untuk menyelesaikan tugas-tugas kerja namun kemampuan multitasking-nya sangat bisa diandalkan.

Spesifikasi kamera di Galaxy Tab S2 8 inci meliputi sensor 8MP di bagian belakang dan 2.1 MP untuk depan. Gambar yang dihasilkan kamera utama sudah cukup bagus, setidaknya untuk standar tablet meski tidak akan mampu menyaingi kemampuan kamera dari smartphone Samsung di kelas mid-range. Dynamic range tidak terlalu besar sementara mode pengambilan kamera cepat tak begitu memberikan hasil memuaskan. Untuk kamera depan secara default hanya di set ke resolusi 1.6 MP yang hanya layak untuk membuat video hangout dan bukan sebuah foto selfie.

Salah satu fitur yang dibawa tablet ini adalah sensor sidik jari hanya dengan satu sentuhan di tombol home. Pengguna dapat menggunakan sensor sidik jari untuk membuka layar serta melindungi konten dan aplikasi tertentu ataupun membuka aplikasi pihak ketiga yang telah terintegrasi dengan API fingerprint Samsung. Dan yang sangat bermanfaat khususnya untuk akses ke internet adalah fitur jaringan 4G LTE yang dibawa Tab S2 8 inci ini. Pengguna tak hanya bisa menggunakannya untuk berselancar dari website satu ke website lain namun juga untuk akses lancar layanan video streaming seperti YouTube, iflix, dan sebagainya.

Membahas kemampuan baterai di Galaxy Tab S2 8 inci sebenarnya perangkat ini tidak menawarkan daya yang cukup besar. Konsumen akan mendapatkan daya 4000 mAh yang cukup terbatas untuk perangkat dengan ukuran layar 8 inci. Namun baterai dengan daya kecil akan membantu mencapai bobot yang ringan. Samsung mengklaim bahwa perangkat ini memiliki kemampuan hingga 10 jam untuk akses Internet. Kemudian untuk streaming video HD dari Google Play Film misalnya akan menguras daya baterai sebesar 5 persen untuk setiap setengah jam, yang berarti pengguna dapat menonton video selama lima jam penuh dalam kondisi baterai penuh. Sayang Samsung tak menyertakan fitur Quick Charge atau mode pengisian cepat sehingga pengguna waktu lebih lama untuk charging.

Harga Samsung galaxy Tab S2 8 inci saat ini di bulan September 2017 dipatok sebesar Rp.5,9 juta seperti banderol yang tertera di salah satu mal online terbesar di tanah air. Sementara untuk opsi warna yang bisa dipilih yaitu hitam, emas dan putih.