Harga Samsung Galaxy A8 dan Spesifikasinya

Harga Samsung Galaxy A8 – Samsung menghadirkan Galaxy A8 demi memfasilitasi segala kebutuhan dari generasi A atau yang disebut generasi milenial. Generasi ini terdiri dari segmen muda yang dinamis dan selalu ingin mencoba hal-hal baru yang menarik hatinya. Gawai yang satu ini menawarkan desain yang stylish dan premium serta berbodi langsing. Ada sedikit perbedaan chipset antara A8 untuk pasar Tiongkok dan pasar Indonesia. Konsumen Tiongkok diberikan Qualcomm Snapdragon 615 sementara Indonesia Exynos 5430.

Secara tampilan dari seri pertama yang keluar, keluarga A ini memang kental aura premium. Meskipun pihak vendor menempatkannya untuk segmen menengah. Tubuh metalnya terlihat kokoh namun sangat nyaman di genggaman tangan berkat rancangan bagian sisi yang ergonomis. Namun memang dimensinya agak tanggung antara phablet dan smartphone terlebih saat dioperasikan menggunakan satu tangan oleh mereka yang bertangan mungil. Beruntung saja Galaxy A8 ini sudah disematkan fitur One-handed operation. Kelangsingan tubuhnya mungkin menjadi yang paling tipis diantara produk-produk Samsung yang pernah dibuat. Ketebalan perangkat ini hanya sekitar 5,9mm meski kalah ramping dengan Oppo R5 yang hanya 4,85mm. Kendati sangat tipis namun konstruksinya termasuk cukup kokoh.

Spesifikasi dan Harga Samsung A8 SM-A800F

Harga Samsung Galaxy A8

  • Harga Baru: Rp. 4.750.000
  • Layar 5.7 inci Super AMOLED
  • Android OS, v5.1 Lollipop
  • Dual Kamera 16MP + 5MP
  • Memori internal : ROM 32 GB + RAM 2 GB
  • Memori eksternal support slot microSD up to 128GB
  • Prosesor Quad-core 1.8 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A53
  • Kapasitas baterai 3050 mAh
  • Support jaringan 4G Lte

Samsung Galaxy A8 pun mengaplikasikan rancangan unibodi atau menyatu. Untuk tombol volume ditemukan di pinggir kiri atas sementara di dekatnya terpasang slot Hybrid SIM jenis Nano-SIM dan satunya hybrid untuk kartu Nano-SIM atau kartu microSD. Tipe slot Nano-SIM yang digunakan sedikit merepotkan sebab mesti memakai SIM card ejector saat akan memasukkan atau mengeluarkan. Di bawah layar terlihat sepasang tombol sentuh capacitive “Back dan Recent Apps lalu sebuah tombol fisik Home. Pada tombol Home pun sudah disematkan fitur fingerprint sensor yang memiliki beberapa fungsi seperti pengaman layar, login ke website dan juga otorisasi ketika akan membayar konten layanan Samsung.

Bodi Samsung Galaxy A8 Full Metal

Bodi Samsung Galaxy A8 Full Metal

Kecuali menyuguhkan arsitektur yang apik dengan kombinasi sensor sidik jari, spesifikasi Galaxy A8 pun melengkapi dengan berbagai kelebihan terbaru. Untuk layar sudah mengaplikasikan panel Super AMOLED buatan Samsung yang bisa menyuguhkan tampilan visual dengan warna-warna cerah. Malah pengguna pun masih dapat melihat visual layar secara jelas kendati dioperasikan langsung di bawah terpaan cahaya matahari. Demi lebih mengamankan layar dari kemungkinan tergores atau terbentur, bagian tersebut diberikan lapisan kaca anti gores Gorilla Glass 4. Ponsel terbaru ini pun diberikan fitur Smart Stay yang mana layar akan tetap aktif saat wajah pengguna masih memandang ke layar.

Berikutnya untuk chipset ada dua varian yaitu Exynos keluaran Samsung atau Qualcomm Snapdragon 615. Dari sana terlihat jika Galaxy A8 memang membidik kelas midrange. Unjuk kerja yang bisa diberikan rasanya tidak usah disangsikan lagi sebabnya spesifikasi hardware Samsung Galaxy A8 pun ditunjang storage lega. Yang membutuhkannya untuk keperluan multimedia, memainkan game atau aktifitas produktif dapat dijalankan secara mulus.

Fitur Smart Manager

Fitur Smart Manager memungkinkan Anda memeriksa dan mengelola berbagai informasi penting pada Samsung Galaxy A8

Yang juga menarik yaitu fitur Smart Manager yang selama ini hanya dipasang ke produk flagship. Dengan fitur tersebut pengguna akan diberikan menu-menu guna menggenjot kinerja atau performa secara keseluruhan. Fiturnya antara lain setting penggunaan baterai, memori, RAM sekaligus melindungi gawai dari malware dan semacamnya. Sebagai fitur untuk akses internet, ponsel ini telah memfasilitasi kanal 4G LTE Cat6 yang speed downloadnya bisa mencapai 300 Mbps atau upload hingga 50 Mbps. Jaringan 4G LTE yang dibawanya pun support untuk seluruh jaringan yang digelar provider internet di tanah air.

Terhadap kebutuhan fotografi, gawai canggih ini memiliki sepasang kamera. Untuk kamera utama di belakang membawa sensor 16MP sedangkan kamera depan sebesar 5MP. Yang sangat mengesankan adalah aperture yang dibawa kedua kamera yang cukup tinggi yaitu f/1.9 sebagaimana yang digunakan di kamera perangkat flagship. Sejumlah fitur penunjang juga tersedia untuk Galaxy A8. Fitur HDR (High Dinamic Range) contohnya akan memudahkan pengguna memotret dan merekam video dengan hasil yang makin tajam dan cerah, sekalipun itu dilakukan di kondisi penerangan terbatas.

Kamera Belakang Samsung A8

Kamera Belakang Samsung A8 16MP dan kamera Depan 5MP

Sedikit kekurangan dari kemampuan kamera ini yaitu saat digunakan untuk mengambil foto di dalam ruangan hasilnya warna kekuning-kuningan sedikit mendominasi sebagaimana yang juga dihasilkan oleh kamera perangkat flagship. Bila difungsikan untuk outdoor yang mempunyai penerangan memadai maka foto yang dihasilkan cukup apik dan tajam. Dan untuk menyalakan fitur kamera ini pengguna pun dapat memakai fasilitas Quick Launch yaitu dengan menekan tombol Home dua kali. Untuk yang gemar selfie, Galaxy A8 membawa fitur-fitur swafoto yang cukup lengkap. Pertama adalah fitur Wide Selfie dimana memungkinkan pengguna menjepret aksi selfie hingga kemiringan 120 derajat yang artinya akan makin banyak teman yang terbidik kamera depan. Pengguna pun dapat mengaktifkan fitur Rear Cam Selfie yang mampu mengenali wajah obyek dengan otomatis untuk mempersembahkan foto selfie yang mengesankan.

Kelemahan Galaxy A8 di sektor pensuplai daya adalah dari daya tahan baterai Li-ion 3050 mAh non removable yang tak sampai sehari. Meski itu hanya digunakan untuk aktifitas normal seperti untuk internet, memutar video dan juga menjalankan beberapa aplikasi standar. Beruntung ponsel ini membawa fitur Smart Manager khususnya menu ëPower saving modeí. Dengan menu tersebut kinerja baterai bisa lebih dimaksimalkan yang efeknya akan memperpanjang kehidupan baterai. Cuma bila menu tersebut dihidupkan maka serta merta sejumlah fungsi penting perangkat menjadi nonaktif contohnya internet, koneksi ke atau dari perangkat lain, lalu tampilan antar muka yang berganti ke mode minimalis.

Samsung Galaxy A8

Bagian Belakang Samsung Galaxy A8

Pertama dijual secara global di bulan Agustus 2015, saat ini harga Samsung Galaxy A8 dibanderol hanya sebesar Rp.4.750.000. Dan pembeli diberikan 3 opsi kelir yang cukup cantik mulai dari Pearl White, Midnight Black dan Champagne Gold.

Beli Hp Samsung Galaxy A8 warna putih disini

Beli Hp Samsung Galaxy A8 warna gold disini

Sementara detil teknis spesifikasi Samsung Galaxy A8 secara lengkap adalah sebagai berikut :

– Jaringan : GSM / HSPA / LTE
– Pengenalan perdana : Juli 2015
– Dimensi unit : 158 x 76.8 x 5.9 mm
– Berat : 151 gram
– Tipe kartu SIM : Nano-SIM
– Layar : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors bentang 5.7 inch resolusi 1080 x 1920 piksel 386 ppi Multitouch
– Proteksi layar : Corning Gorilla Glass 4
– Platform : Android v5.1.1 (Lollipop) tersedia peningkatan ke v6.0 (Marshmallow)
– Chipset : Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
– Prosesor : Octa-core (4×1.8 GHz Cortex-A53 & 4×1.3 GHz Cortex-A53)
– Chip Grafis : Adreno 405
– Memori internal : 32 GB
– RAM : 2 GB
– Memori eksternal : slot microSD up to 256 GB (dedicated slot)
– Kamera Primer : 16 MP, f/1.9, 31mm, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, Video [email protected]
– Kamera Sekunder : 5 MP, f/1.9, 23mm, video 1080p
– Konektifitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot ; Bluetooth v4.1, A2DP, EDR, LE ; GPS ; NFC ; microUSB v2.0
– Radio : FM radio, RDS, recording
– Sensors : Fingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, compass
– Baterai : Non-removable Li-Ion 3050 mAh dengan klaim talk time up to 17 jam (3G) atau music play up to 51 jam
– Opsi warna : Pearl White, Midnight Black, Champagne Gold

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Samsung A9 Pro (2016)